Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR)



Pusat  Informasi   dan  Konseling   Kesehatan   Reproduksi   Remaja  (PIK-KRR)   oleh  BKKBN  dibagi menjadi dua yaitu: Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa)

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-REMAJA)
a.  Pengantar
Pusat  Informasi  dan  Konseling  Remaja  (PIK-Remaja)  adalah  suatu  wadah  kegiatan  program PKBR yang dikelola  dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan  pelayanan  informasi  dan konseling tentang Perencanaan  Kehidupan  Berkeluarga  Bagi Remaja   serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik. Untuk menampung  kebutuhan program PKBR dan menarik  minat remaja datang ke PIK remaja, nama generik ini dapat dikembangkan dengan nama-nama yang sesuai dengan kebutuhan program dan selera remaja setempat.

Tujuan umum dari PIK Remaja adalah untuk memberikan  informasi PKBR, Pendewasaan  Usia Perkawianan,   Keterampilan   Hidup   (Life   Skills),   pelayanan   konseling   dan   rujukan   PKBR. Disamping itu, juga dikembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan   remaja   untuk   mencapai   Tegar   Remaja   dalam   rangka   tegar   Keluarga   guna mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

Ruang   lingkup   PIK   Remaja   meliputi   aspek-aspek    kegiatan   pemberian   informasi   KRR, Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling, rujukan, pengembangan  jaringan  dan  dukungan,  serta  kegiatan-kegiatan   pendukung  lainnya  sesuai dengan ciri dan minat remaja.

PIK Remaja tidak mengikuti tingkatan wilayah administrasi seperti tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota  atau provinsi.  Artinya PIK Remaja dapat melayani remaja lainnya yang berada di luar lokasi wilayah administrasinya.  PIK Remaja dalam penyebutannya bisa  dikaitkan  dengan  tempat  dan  institusi  pembinanya  seperti  PIK  Remaja  Sekolah,  PIK Remaja Masjid, PIK remaja Pesantren, dan lain-lain.

Pengelola  PIK Remaja adalah pemuda/remaja  yang pnya komitmen  dan mengelola  langsung PIK Remaja  serta  telah  mengikuti  pelatihan  dengan  mempergunakan  modul  dan kurikulum standard yang telah disusun oleh BKKBN atau yang sejenis. Pengelola PIK Remaja terdiri dari Ketua,  Bidang  Administrasi,  Bidang  Program  dan  Kegiatan,  Pendidik  Sebaya,  dan  Konselor Sebaya.


Pembina  PIK  Remaja  adalah  seseorang  yang  mempunyai  kepedulian  yang  tinggi  terhadap masalah-masalah  remaja,  memberikan  dukungan  dan aktif membina  PIK Remaja,  baik yang berasal dari Pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau organisasi kepemudaan/remaja  lainnya, seperti:
1)       Pemerintah: kepala desa/lurah, camat, bupati, walikota, pimpinan SKPDKB
2)    Pimpinan  LSM: pimpinan  kelompok-kelompok  organisasi  masyarakat  (seperti:  pengurus masjid,   partor,   pendeta,   pedande,   bukisu)   dan  pimpinan   kelompok   dan  organisasi pemuda.
3)     Pimpinan media massa (surat kabar, majalah, radio, dan TV)
4)     Rektor/dekan, kepala SLTP, kepala SLTA, pimpinan pondok pesantren, komite sekolah.
5)     Orang tua, melalui Bina Keluarga Remaja (BKR), majlis talim, program PKK.
6) Pimpinan kelompok sebaya melalui program karang taruna, pramuka, remaja masjid/gereja/vihara.
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment